Wednesday, 14 October 2015

Piramida Manajemen

PiramidaManajemen terdiri dari 3 tingkatan berdasarkan fungsi dan peranannya. 
1. Top Manajemen/Manajemen Puncak, berperan dalam pengambilan keputusan dan sebagai ujung tombak dalam perusahaan. Top Manajemen diisi oleh orang-orang yang memiliki jabatan struktural yang tertinggi di suatu perusahaan.
2. Middle Manajemen/Manajemen Tingkat Menengah, berperan dalam lini tengah perusahaan . Misalnya dalam suatu proyek terdapat si pemilik lahan dan modal(Top Manajemen) menunjuk seorang mandor untuk mengatur jalannya proyek tersebut. Mandor disini berperan sebagai Middle Manajemen yang akan memanage para buruh yang mengerjakan proyek.
3. First Line Manajemen/Manajemen Tingkat Bawah, berperan dalam kegiatan manajerial dalam lingkup terbawah. Di contoh yang sama pada nomor 2, buruh sebagai first line manajemen yang memanage kegiatan proyek tersebut.
Dari ketiga tingkatan manajemen tersebut, baik Top, Middle , ataupun First Line sama-sama memiliki peran untuk memanage kegiatan dalam lingkupnya masng-masing. Hanya saja beban kerja yang diemban  membuat ketiga tingkatan ini terkesan berbeda. Terlepas dari itu, ketiga tingkatan ini perlu bersinergi dan tidak saling lepas dalam kegiatan organisasi agar terciptanya sinergitas antar tingkatan-tingkatan tersebut.

No comments:

Post a Comment