1. Partisipation, harus melibatkan masyarakat lokal dalam pengelolaannya
2. Community Goal, sinergitas antara masyarakat lokal, pemerintah setempat, organisasi kemasyarakatan, dan industri wisata
3. Stakeholder Involvement, melibatkan para pemangku kepentingan dan lebih banyak pihak
4. Local Ownership, memberikan kemudahan bagi pengusaha lokal
5. Estabilishing Local Business Linkage, mampu melibatkan bisnis lainnya
6. Cooperation, adanya kerjasama antara masyarakat lokal dengan operator wisata
7. Sustainability of the Resource Base, harus mampu memberikan keuntungan bagi masyarakat saat ini dan tak merugikan generasi berikutnya.
8. Carrying Capacity, tumbuh dalam prinsip optimalisasi bukan eksploitasi
9. Monitoring and Evaluating, harus ada monitoring dan evaluasi secara berkala
10. Accountability, keterbukaan dalam penggunaan sumber daya(penggunaan air, lahan, dll)
11. Training, melakukan program peningkatan sumber daya manusia
12. Positioning terciptanya tiga kualitas yaitu quality of life, quality of opportunity, dan quality of experiance.
No comments:
Post a Comment